Pengantar Memahami Madzhab Syafi'i

    Kairo   Jumat (27/11) kajian dwi mingguan Kafe Baca Forum Al Hikmah Mesir kembali digelar di rumah sekretariat Forum Al Hikmah Mesir di kawasan Darrasah, Kairo. Presentator kali ini adalah Afifuddin ibnu Syamsuddin, alumni Al Hikmah yang sedang belajar untuk tahun kedua di Fakultas Ushuludin Universitas Al Azhar  yang sekaligus menjabat sebagai ketua himpunan mahasiswa Indonesia untuk fakultas ushuludin . Ia memaparkan sekilas pandang tentang kitab “Al-Fawaid Al-Makkiyyah” karya syaikh Alawi bin Ahmad bin Abdarrahman As-sakkaf.

Pada awal penjelasan, pemateri menerangkan urgensi memahami ilmu fikih yang mengatur hampir semua aspek kehidupan kita, khususnya fikih madzhab Syafi’i yang paling banyak dianut masyarakat kita. Kemudian setelah menerangkan biografi dan profil muallif, pemateri melanjutan dengan pemaparan singkat dari isi kitab Al-fawaid Al-makkiyyah yang terdiri dari beberapa bagian:

1.  Muqaddimah yang menerangkan adab dan sarana-sarana yang seharusnya dimiliki oleh seorang pencari ilmu, seperti: Syaikh Fattah, ‘Aql Rajih dan Kutub Shihah.

2.  Penjelasan kitab-kitab induk madzhab Syafi’i yang dikarang langsung oleh imam Syafi’i dan dijadikan sebagai rujukan utama oleh murid-muridnya. Semuanya ada 4 kitab yaitu: Al-Umm, Al-Imla, Al-Buwaithi dan Mukhtashar Al-Muzani.

3.  .Penjelasan istilah-istilah ulama madzhab Syafi’i dalam kitab-kitab karangan mereka, seperti “al-imam”, “al-qadhi”, “qoulul madzhab”, “ashohih”, “al-ashoh”, “al-masyhur” dll.

4.  Keterengan tentang taqlid, syarat-syaratnya serta hukum-hukumnya dan pembahasan mengenai masalah ijtihadiyyah dan ushul yang bersifat i’tiqodiyyah.


Presentasi tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan acara Takrim Al-Mutafawwiqin dimana Forum Al Hikmah memberikan penghargaan dan apresiasi untuk beberapa anggota forum yang meraih prestasi akademik yang membanggakan.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Haqqen Nazel
AUTHOR
28 November 2015 pukul 12.49 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar