Wada’an Kang Syihab di Tub Ramly


Suq sayarat masih terlihat ramai ketika rombongan anggota Forum Al Hikmah berjalan menuju apartemen kontrakan Kang Syihab yang terletak di Tub Ramly. Hari itu Minggu 2 november 2014, kami mendapat kehormatan diundang untuk menghadiri acara makan-makan dan tasyakuran kang Syihab yang akan melakukan safar ke Indonesia di hari selasa. 

Kang Syihab adalah salah satu keluarga Forum Al Hikmah
Mesir yang tahun ini berhasil merampungkan studinya. Dia berasal dari Tegal Jawa Tengah. Sebenarnya dia bukanlah alumni Al Hikmah. Namun, dikarenakan tidak adanya teman satu almamaternya maka dia bergabung dengan keluarga forum tercinta ini.

Meskipun kita jauh dari orang tua dan keluarga, namun peran mereka tergantikan oleh saudara-saudara satu almamater di sini. Jumlah anggota keluarga forum Alhikmah Mesir sekitar 50an orang. Jumlalh ini terdiri dari alumni santri Al Hikmah 1, Al Hikmah 2 dan non Al Hikmah seperti pondok Daraun Najat dan yang lainnya. Tahun ini, jumlah keluarga forum yang berasal dari luar Al Hikmah ada 2 orang. Mereka berasal dari pondok Darun Najat Bumiayu dan Qudsiyah Kudus. Mereka bergabung dengan kami karena tidak memiliki almamater. Kamipun dengan senang hati menyambut bergabungnya mereka dalam forum ini. Karena semakin banyak anggota forum maka kegiatan yang akan kita jalani pun semakin ramai dan meriah. Pada acara wada’an kang Syihab, rasa kekeluargaan ini kembali terasa. Sebelum acara dimulai, anggota forum yang tidak memiliki kegiatan membantu masak-masak dan menyiapkan hidangan makanan yang akan disajikan pada acara tasyakuran. Acara tasyakuran juga dihadiri oleh kandidat doktor yang akan menjadi menantu Abah Shadiq Suhaimi. Pak Mahmudi yang sebentar lagi akan menjalani munaqasyah doktoralnya berkenan hadir di acara syukuran kepulangan kang Syihab ini.

Beberapa patah kata yang disampaikan oleh Kang Syihab yang patut kita catat dalam memori adalah bahwa kehiupan kita di Mesir ini adalah kehidupan yang sangat indah. Di Mesir semua yang kita lakukan tidak dibatasi oleh ikatan dan aturan. Kita mau tiduran setiap hari tidak ada yang melarang, kita mau pE Esan setiap saat juga tidak ada yang melarang, kita mau ngaji pada masyayikh juga tersedia setiap harinya, buku-buku bacaan juga sangat melimpah. Pilihan kembali kepada kita masing-masing. Mau jalan mana yang akan kita tempuh, kitalah yang menentukan. Sebenarnya pesan ini diperuntukan untuk anggota alhikmah yang baru datang. Namun tidak salah juga jika pesan ini kembali dibaca oleh kita-kita yang sudah lama di sini. 

Selamat berjuang dan mengabdi di tanah air kang Syihab Lc. Semoga ilmu yang telah didapat bisa bermanfaat. 

Previous
Next Post »